بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Makhluk Hidup Tiruan

Cacak Rijal Kamis, 05 Januari 2012

Dua orang ilmuwan telah memutuskan melakukan percobaan untuk membuat sejenis bakteri baru. J. Craig Venter, ilmuwan gen terkenal dan Halminton O. Smith ilmuwn penerima hadiah nobel, berada di balik proyek ini. Mereka mengupayakan untuk menciptkan organisme bersel tunggal, yang memiliki gen berjumlah paling sedikit dan sekedar cukup untuk melangsungkan kehidupan. Jika percobaan tersebut berhasil, maka sel mickroskopis buatan manusia ini akan mulai makan dan membelah diri untuk membentuk sebuah populasi sel tertentu dan tidak sama dengan yang sebelumnya diketahui pernah ada.

Lalu apa yang yang terjadi jika para ilmuwan benar-benar mampu membuat spesies mikroba baru dengan mereka? Jawabannya jelas bahwa mereka akan mengukuhkan teori perancangan cerdas yaitu bahwa kehidupan hanya bisa muncul melalui informasi tertentu yang sangat teliti dan kompleks.

Nyatanya, apa yang sedang diupayakan Craig Venter dan Halminton Smith jauh lebih sederhana dari apa yang seharusnya terjadi dalam evolusi. Yakni pembentukan kehidupan melalui peristiwa tanpa sengaja atau kebetulan.

Ternyata kedua ilmuwan ini tidak membentuk protein dari asam-asam amino atau membuat gen dari asam-asam inti (asam nukleat), tetapimereka hanya akan menggunakan protein dari gen yang telah ada sebelumnya dari sel hidup. Mereka tidak memulai dari molekul- molekul kecil pembentuk kehidupan yang dapat ditemukan di alam, tetapi mereka memulai dari makromolekul kompleks yang telah terbentuk yang tidak pernah mampu dibuat dengan menggunakan molekul-molekul kecil pembentuk kehidupan tersebut melalui peristiwa alam. Singkatnya apa yang ingin dicapai oleh Venter dan Smith adalah untuk menciptakan mikroba yang sangat sederhana dari komponen yang telah ada sebelumnya.

Sebelumnya virus hanya memiliki 400 atau 500 gen. Venter dan Smith hendak memnuang gen-gen ini dari makhluk yang sangat kecil tersebut, lalu membuat satu set gen baru untuk dimasukkan ke dalamnya dan kemudian melihat apakah informasi baru (yang dikodekan dalam gen buatan ini) akan menjadikan mikroba itu hidup.

Pekerjaan mudah ini jika dibandingkan dengan asal-usul kehidupan itu sendiri ternyata memerlukan informasi dan perancangan yang besar. Proyek ini didasarkan pada informasi ilmiah dari ilmu pengetahuan modern sejak berabad-abad yang lalu ditambah dengan tingkat penguasaan teknologi kita yang telah maju. Meskipun demikian, ini masih pekerjaan yang sangat rumit sehingga proyek ini didanai sebesar 3 juta dolar, dan sumbangan selama tiga tahun dari Departemen Energi.

Begitulah penelitian dalam rangka menciptakan makhluk hidup tiruan, sebagaimana perkembangan ilmiah lainnya di masa kini, mengukuhkan fakta bahwa kehidupan di bumi bukanlah hasil dari penyebab alamiah secara acak belaka. Hal ini menunjukkan bahwa seluruh kehidupan atau makhluk hidup adalah karya cipta sempurna Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Baca juga posting di bawah ini





 
Website asli buatan cacak rijal (RL's)