بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

0

Jam'iyah Shalawat Nurul Qalbi

Cacak Rijal Senin, 14 November 2011

Perkembangan hadrah al-banjari yang melaju begitu pesat akhir-akhir ini sehingga berpengaruh pada banyaknya group-group baru yang muncul

Fenomena tersebut terjadi di seluruh daerah, terlebih daerah yang telah banyak terdapat group-group hadrah al-banjari.

Surabaya misalnya, yang telah melahirkan banyak group hadrah al-banjari baru tahun ini, terlihat dari banyaknya peserta festival yang belum pernah terlihat sebelumnya menunjukkan performa mereka.

Dari beberapa group hadrah al-banjari yang baru terlahir tahun ini, Kami akan mengulas tentang salah satu dari mereka, yakni Jam'iyah Shalawat Nurul Qalbi

Nurul Qalbi yang bermarkas di lapangan KarMen telah menampilkan performa pertamanya saat diadakan festival hadrah al-banjari di ITS Surabaya pada hari sabtu, 29 Oktober 2011 kemarin. Mereka menampilkan syair Mawla ya shalli sebagai lagu wajib, dan ghuroba' sebagai lagu bebasnya.

Jamiyah Nurul Qalbi yang di motori oleh Cak Nanang sebagai pendiri sekaligus konseptor ini kedengarannya lebih menonjolkan olah vocal dan variasi tabuhan inti dan bass. Bahkan mereka menampilkan dentuman bass yang lebih variatif daripada peserta lainnya.

Penampilan mereka kemarin mengundang banyak sorak sorai dari beberapa penonton. Cia sebagai vocal mengenakan kostum khas penyanyi gambus. Firda, Ria, dan Lut sebagai backing vocal, Keyep, Djeko, Katrok, Kopek2 sebagai pemukul terbang dan lagi pemain cadangan yang bernama Kopek1. dan Sorkhan sebagai bassis mendukung jalannya penampilan mereka hingga tuntas.

Sayangnya mereka tidak bisa menempati lima besar dalam festival kali ini. Wajar jika di penampilan pertama mereka belum bisa menampilkan performa secara sempurna. Penampilan perdana dalam festival hadrah al banjari yang telah mereka jalani kali ini akan menjadi kunci untuk menampilkan sesuatu yang lebih "wah" untuk festival mendatang

Begitulah kami mem-posting profil Nurul Qalbi untuk mewakili sekian banyak group hadrah al-banjari yang telah lahir pada tahun ini.

Berikut ini adalah link mp3 dari performa Jamiyah Nurul Qalbi yang bisa Anda download.

Mawla Ya Shalli Wa Sallim
Ghuroba'

Maaf bagi yang sudah mendownload, Anda akan menemukan suara-suara tak dikenal dari para penonton festival yang bersorak juga sempat terekam oleh alat perekam kami.

Lihat juga hasil rekam video oleh rekan kami

Baca juga posting di bawah ini





Posting Komentar

 
Website asli buatan cacak rijal (RL's)