بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

0

Pentingnya Mempelajari Kisah Rasulullah

Cacak Rijal Jumat, 28 Oktober 2011 ,

Kisah Rasulullah atau yang lebih sering diistilahkan dengan Sirah Nabawiyah adalah salah satu hal wajib yang perlu dipelajari seorang muslim selaku umat Nabi Muhammad.

Sirah Nabawiyah mencakup paparan kisah perjalanan hidup seorang Rasulullah Muhammad, semenjak beliau belum dilahirkan, setelah dilahirkan, sebelum dan setelah diangkat menjadi Rasul.

Catatan sejarah perjuangan panjang seorang revolusioner dunia yang menorehkan banyak kesan takjub di hati non muslim sekalipun.

Tak ada yang tak mengakui kehebatan perjuangan seorang Rasulullah Muhammad, pada kapasitasnya sebagai seorang pemimpin, Rasulullah Muhammad mampu menyatukan jazirah arab sebagai satu kesatuan kekuasaan di bawah kejayaan Islam kala itu.

Kenapa seorang muslim perlu mempelajari kisah Rasulullah? Berikut beberapa alasan logis yang dapat dijadikan jawaban untuk menjawab pertanyaan ini:


Mempelajari Sirah Berarti Mengenal Rasulullah

Berpikirlah secara logika, betapa Rasulullah itu telah begitu berjasa pada ummat Islam. Membebaskan manusia dari kelamnya budaya jahiliyah kepada sebuah peradaban Islam yang indah dan kontemporer.

Rasulullah telah memperkenalkan kita kepada Islam, sebuah ajaran agama paling sempurna. Mempelajari riwayat hidup seorang Rasulullah berarti berupaya untuk mengenali siapa Beliau sesungguhnya.

Upaya ini juga sebagai perwujudan rasa cinta kita kepada Rasulullah. Ingatlah bahwasannya mencintai Rasulullah berarti mencintai Allah. Sebab Rasulullah adalah kekasih Allah. Kisah Rasulullah adalah biografi yang menjadi salah satu pedoman ummat Islam dalam menegakkan agamanya di tengah kehidupan.

Hari ini banyak sekali kita menemukan orang-orang yang memfitnah sosok Muhammad dengan hujatan asal-asalan. Mereka yang menghujat sesungguhnya adalah mereka yang tak pernah membaca kisah Rasulullah secara utuh.

Sebagai seorang muslim kita punya kewajiban untuk mempelajari Sirah Nabawiyah. Salah satu gunanya tentu saja untuk menjawab hujatan orang-orang yang membenci Rasulullah Muhammad SAW.

Jika kita tidak mempelajarinya, jangankan untuk menjawab, jangan-jangan kita malah ikut mempercayai fitnahan orang-orang yang membenci Rasulullah Muhammad dan agamanya.


Mempelajari Strategi Dakwah Rasulullah

Bagi seorang Da’i, mempelajari strategi dakwah yang dilakukan Rasulullah sangatlah penting. Ini menjadi rujukan dan panduan pergerakan dakwah yang akan dilakukannya. Bagaimana Rasulullah memulai dakwahnya dari fase sembunyi-sembunyi sampai kepada fase terang-terangan.

Ada banyak liku-liku dakwah hari ini yang sangat kompleks permasalahannya, jika tidak dikembalikan pada strategi dakwah yang diajarkan Rasulullah, maka dikhawatirkan akan melenceng dari panduan yang seharusnya.

Kisah Rasulullah di dalam Sirah Nabawiyah memuat banyak perjalanan panjang perjuangan dakwah Rasulullah. Bagaimana Rasulullah mendidik para sahabat menjadi pejuang-pejuang Islam yang handal, kemuliaan akhlak Rasulullah terhadap siapa saja, bahkan kepada musuh sekalipun.


Mempelajari Sunnah dan Hadist Rasul

Di dalam catatan panjang Sirah Nabawiyah, memuat banyak pelajaran mengenai sunnah-sunnah beliau. Sunnah menjadi bagian dari landasan hukum Islam. Baik berupa sunnah qauliah (ucapan Rasulullah), sunnah fi’liyah (perbuatan Rasulullah), sunnah taqririyah (ketetapan Rasulullah).

Mempelajari kisah Rasulullah merupakan bagian dari mempelajari hukum-hukum Islam, bahkan dapat juga dikatakan mempelajari Al-Quran. Sebab kehidupan Rasulullah adalah representasi dari isi Al-Quran.


Memperkuat Keimanan dan Ketakwaan

Di dalam Sirah Nabi, kita akan banyak menemukan pelajaran berharga. Kemuliaan akhlak Rasulullah yang terlukis jelas di dalam kisah-kisah tersebut akan memberikan imbas penguatan keimanan seorang mukmin. Pada diri Rasulullah sungguh telah ada suri tauladan yang baik.

Beliau mengajarkan kepada manusia banyak hal. Mulai dari bagaimana menjadi pemimpin yang adil, pedagang yang jujur, suami yang sangat mencintai istri-istrinya, pemimpin perang yang tangguh dan sebagainya.

Rasulullah mencontohkan banyak hal tentang beramal, beribadah, berdakwah, bersedekah, memuliakan orang-orang lemah dan sebagainya. Ada berjuta manfaat yang akan kita dapatkan saat mempelajari kisah Rasulullah.

Baca juga posting di bawah ini





Posting Komentar

 
Website asli buatan cacak rijal (RL's)